Berbagai Manfaat Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya sudah sangat dikenal oleh masyarakat dunia sejak ribuan tahun lalu. Tanaman yang dalam istilah latin disebut aloe vera ini tak hanya sebagai tanaman hias tetapi juga menjadi tanaman obat. Khasiat lidah buaya ternyata dapat meliputi hampir seluruh bagian tubuh manusi mulai dari rambut, kulit, Bagian tanaman aloe vera yang dapat diambil manfaat sebagai obat adalah pada daging yang terdapat di dalam daunnya. Daging tersebut berbentuk jelly bening dan lendir yang berwarna bening sedikit kekuningan.


Menurut penelitian ilmiah, khasiat lidah buaya disebabkan adanya kandungan yang terdapat pada aloe vera yaitu enzim, mineral, asam amino polisakarida, vitamin dan zat lain yang bermanfaat untuk kesehatan. Berikut beberapa khasiat aloe vera yang telah terbukti secara empiris.
  1. Aloe vera untuk perawatan rambut dan kulit kepala. Dengan mengoleskan lendir dari lidah buaya pada rambut dan kulit kepala memiliki manfaat ganda, yaitu menghitamkan sekaligus menyuburkan rambut dan juga membersihkan kulit kepala dari gangguan ketombe. Hal ini dikarenakan gel lidah buaya memiliki khasiat anti bakteri dan anti jamur, serta memiliki kandungan vitamin C dan E.
  2. Aloe vera sebagai obat luka. Jika terjadi luka luar, lendir lidah buaya bisa menjadi alternatif yang baik sebagai pertolongan pertama pada luka. Sifat lidah buaya yang anti inflamasi akan mampu mencegah peradangan yang mungkin timbul akibat infeksi pada luka. Selain itu khasiat lidah buaya sebagai obat luka juga berfungsi untuk membantu proses regenerasi sel, sehingga luka tadi akan lebih cepat pulih.
  3. Aloe vera sebagai perawatan kulit tubuh. Kandungan lidah buaya yang kaya akan asam amino, vitamin dan mineral sangat sesuai untuk digunakan sebagai pelembab alami bagi kulit. Zat-zat tadi merupakan komponen yang sangat diperlukan oleh kulit tubuh, yang akan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit yang baru. Sehingga kulit tubuh akan terjaga kesehatannya. tak heran jika kini banyak produk perawatan kulit memasukkan aloe vera dalam komposisinya.
  4. Aloe vera sebagai makanan penunjang nutrisi. Mengkonsumsi gel lidah buaya mendatangkan segudang manfaat. Diyakini lidah buaya memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi, dan ini sangat baik untuk upaya pencegahan terhadap penyakit jantung, penuaan dini dan beberapa penyakit degeneratif. Lidah buaya juga dapat berkhasiat sebagai penunjang nutrisi bagi penderita kanker, diabetes, dan HIV/AIDS. Hal ini dipastikan karena lidah buaya memiliki tingkat kadar karbohidrat, lemak, air, serta vitamin dan mineral yang baik.

sumber: http://duniatanaman.com/berbagai-manfaat-lidah-buaya.html

Comments
0 Comments

0 коментарі :

Дописати коментар

Sila Tinggalkan komentar, No Spam, No SARA, No Pornografi, Please.(.^_^)

 

.:: Boudak-pasie.blogspot.com ::. © 2012 | Designed by Hang Puriah

Thanks to: Sovast Extensions Wholesale , Sovast Accessories Wholesale and Sovast Hair

*/