Nampu [ Dan Manfaatnya ]

    Nampu
    (Homalomena occulta [Lour.] Schott.)   

    Sinonim :
    H, javanica V.A.V.R.

    Familia :
    Araceae

Uraian :
Nampu bisa ditemukan tumbuh liar di gunung, pinggiran sungai, tepi danau, atau ditanam sebagai tanaman obat dan tanaman hias pada tempat-tempat yang agak terlindung. Terna yang hidupnya lama ini mempunyai tinggi 50--100 cm. Berbatang bulat, tidak berkayu,, warnanya ungu kecokelatan, dan membentuk rimpang yang memanjang. Daun tunggal, tangkai panjangnya 50--60 cm, bulat berdaging. Helaian daun bentuknya bangun jantung, ujung runcing, pangkal rompang, tepi rata, kedua permukaan licin, pertulangan menyirip, panjang 70--90 cm, lebar 20--35 cm, dan berwarna hijau tua. Bunga majemuk berbentuk bongkol dan berwarna ungu, tumbuh diketiak daun, berkelamin dua, panjang 15--30 cm, dan tangkai berwarna ungu. Buah buni, bentuknya bulat, kecil, dan berwarna merah. Biji panjang, kecil, dan berwarna cokelat.

Nama Lokal :
NAMA DAERAH Cariyang bodas, c. beureum (Sunda), nampu, nyampu (Jawa Tengah). NAMA ASING: Qian nian jian, cien nien kien (C). NAMA SIMPLISIA Homalomenae Rhizoma (rimpang nampu).


    Penyakit Yang Dapat Diobati :
    Sifat dan Khasiat Rimpang rasanya agak pahit, pedas, sifatnya hangat, dan tidak berracun. Afinitas pada meridian hati dan ginjal. Berkhasiat menghilangkan angin dan lembab serta memperkuat tendon dan tulang.

    Pemanfaatan :
    BAGIAN YANG DIGUNAKAN Bagian tanaman yang digunakan sebagai obat adalah rimpangnya. Setelah digali, bersihkan rimpang dari akar, cud, dan jemur sampai kering. Potong tipis-tipis untuk penyimpanan. INDIKASI Rimpang nampu digunakan untuk mengatasi: a.sindroma sumbatan angin-lembab, dengan gejala perasaan dingin, sakit di pinggang bawah dan lutut, serta rasa keram dan kebas di tungkai bawah, b.rematik, pegal linu, c.pegal linu setelah melahirkan, dan d. meningkatkan nafsu seks pada laki-laki. CARA PEMAKAIAN Rebus rimpang kering sebanyak 5--10 g. Setelah dingin, saring dan minum airnya. CONTOH PEMAKAIAN a Meningkatkan nafsu seks pada laki-laki Cuci rimpang segar nampu (100 g), lalu parut. Tambahkan garam dapur dan kelapa parut secukupnya, lalu kukus selama 20 menit. Makan hasil kukusannya. Catatan Tanaman sejenis banyak terdapat di Indonesia, seperti Homalomena cordata Schott, H, aromatica Schott, dan H. alba Hassk.


BAGIAN YANG DIGUNAKAN
Bagian tanaman yang digunakan sebagai obat adalah rimpangnya. Setelah digali, bersihkan rimpang dari akar, cud, dan jemur sampai kering. Potong tipis-tipis untuk penyimpanan.

INDIKASI
Rimpang nampu digunakan untuk mengatasi:
a.sindroma sumbatan angin-lembab, dengan gejala perasaan dingin, sakit di pinggang bawah dan lutut, serta rasa keram dan kebas di tungkai bawah,
b.rematik, pegal linu,
c.pegal linu setelah melahirkan, dan
d. meningkatkan nafsu seks pada laki-laki.

CARA PEMAKAIAN
Rebus rimpang kering sebanyak 5--10 g. Setelah dingin, saring dan minum airnya.

CONTOH PEMAKAIAN
a Meningkatkan nafsu seks pada laki-laki
Cuci rimpang segar nampu (100 g), lalu parut. Tambahkan garam dapur dan kelapa parut secukupnya, lalu kukus selama 20 menit. Makan hasil kukusannya.

Catatan
Tanaman sejenis banyak terdapat di Indonesia, seperti Homalomena cordata Schott, H, aromatica Schott, dan H. alba Hassk.


    Komposisi :
    Rimpang nampu mengandung saponin, flavonoid, tanin, dan polifenol. Daunnya mengandung saponin dan flavonoid.




sumber : http://www.iptek.net.id/ind/pd_tanobat/view.php?mnu=2&id=291

Comments
0 Comments

0 коментарі :

Дописати коментар

Sila Tinggalkan komentar, No Spam, No SARA, No Pornografi, Please.(.^_^)

 

.:: Boudak-pasie.blogspot.com ::. © 2012 | Designed by Hang Puriah

Thanks to: Sovast Extensions Wholesale , Sovast Accessories Wholesale and Sovast Hair

*/