Sambang Getih [ Dan Manfaatnya ]

    Sambang Getih
    (Hemigraphis colorata Hall.f.)   

    Sinonim :
    H. alternata (Burm.f.) T. Anders, Ruellia colorata BI.

    Familia :
    Acanthaceae

Uraian :
Sambang getih bisa ditemukan tumbuh liar atau ditanam di halaman dan taman-taman sebagai tanaman hias. Terna ini mempunyai batang berbaring dan merayap, bulat, bercabang, berruas-ruas, dan bervvarna unqu. Daun tunggal, bertangkai, letak berhadapan, helaian daun bentuknya bulat telur, ujung runcing, pangkal rompang, tepi bergerigi, pertulangan menyirip, permukaan atas warnanya merah ungu mengilap agak keabu-abuan, bagian bawah merah anggur, berrambut, panjang 7--11 cm, lebar 4--6 cm. Bunga majemuk, berkumpul dalam rangkaian berupa bulir, keluar dari ujung batang, mahkota bentuk corong, warnanya putih. Buah kecil, lonjong, warnanya hijau muda. Biji kecil, pipih, warnanya putih.

Nama Lokal :
NAMA DAERAH Sumatera: binalu api (Melayu). Jawa: remek daging. reundeu beureum (Sunda), keci beling, sambang geteh, sarap (Jawa). Lire (Ternate). NAMA ASING - NAMA SIMPLISIA Hemigraphis coloratae Folium (daun sambang getih).


    Penyakit Yang Dapat Diobati :
    Herba berkhasiat penambah darah, penghenti perdarahan (hemostatis), peluruh kencing (diuretik). EFEK FARMAKOLOGIS DAN HASIL PENELITIAN Hasil uji aktivitas antibakteri fraksi etilasetat daun sambang getih dapat menghambat Staphylococcus aureus pada kadar 13, 26, 52, 78, dan 104 mg%. Kenaikan kadar berbanding lurus dengan daerah hambatan antibakteri. Juga terdapat senyawa flavonoid pada daun sambang getih (Serly Sapulette, Fakultas Farmasi, UGM, 1992).

    Pemanfaatan :
    BAGIAN YANG DIGUNAKAN Bagian tanaman yang digunakan sebagi obat adalah daunnya. INDIKASI Daun digunakan untuk mengatasi: air kemih sedikit, disentri, wasir, dan perdarahan setelah melahirkan. CARA PEMAKAIAN Untuk obat yang diminum, tidak ada dosis rekomendasi. CONTOH PEMAKAIAN Air kemih sedikit Cuci daun sambang getih segar (20--30 g), lalu rebus dengan dua gelas air selama 25 menit. Setelah dingin, saring dan minum sekaligus. Disentri Cuci daun sambang getih segar (tujuh lembar), lalu rebus dengan segelas air sampai mendidih selama 15 menit. Setelah dingin, saring dan minum sekaligus. Lakukan 2--3 kali sehari. Wasir Cuci segenggam daun segar, lalu rebus dengan dua gelas air selama setengah jam. Setelah dingin, saring dan minum. Rebus ampasnya sekali lagi untuk diminum pada sore hari.

BAGIAN YANG DIGUNAKAN
Bagian tanaman yang digunakan sebagi obat adalah daunnya.

INDIKASI
Daun digunakan untuk mengatasi:
air kemih sedikit,
disentri,
wasir, dan
perdarahan setelah melahirkan.

CARA PEMAKAIAN
Untuk obat yang diminum, tidak ada dosis rekomendasi.


CONTOH PEMAKAIAN
Air kemih sedikit
Cuci daun sambang getih segar (20--30 g), lalu rebus dengan dua gelas air selama 25 menit. Setelah dingin, saring dan minum sekaligus.

Disentri
Cuci daun sambang getih segar (tujuh lembar), lalu rebus dengan segelas air sampai mendidih selama 15 menit. Setelah dingin, saring dan minum sekaligus. Lakukan 2--3 kali sehari.

Wasir
Cuci segenggam daun segar, lalu rebus dengan dua gelas air selama setengah jam. Setelah dingin, saring dan minum. Rebus ampasnya sekali lagi untuk diminum pada sore hari.


    Komposisi :
    Daun mengandung flavonoid, polifenol, tanin, kalium yang kadarnya tinggi dan rendah natrium. Batang mengandung saponin dan tanin, sedangkan akar mengandung flavonoid dan polifenol.




sumber : http://www.iptek.net.id/ind/pd_tanobat/view.php?mnu=2&id=249

Comments
0 Comments

0 коментарі :

Дописати коментар

Sila Tinggalkan komentar, No Spam, No SARA, No Pornografi, Please.(.^_^)

 

.:: Boudak-pasie.blogspot.com ::. © 2012 | Designed by Hang Puriah

Thanks to: Sovast Extensions Wholesale , Sovast Accessories Wholesale and Sovast Hair

*/